Selasa, 12 Juli 2011

DKI Prioritaskan Perbaikan Gedung Sekolah

JAKARTA (Pos Kota) – Rehabilitasi gedung sekolah akan menjadi prioritas Pemprov DKI dalam anggaran perubahan tahun ini. Sedikitnya penambahan dana Rp740 miliar diusulkan dalam APBD Perubahan yang saat ini tengah dibahas dengan DPRD DKI Jakarta.

Hal tersebut diungkapkan Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, yang mengatakan bahwa perbaikan gedung sekolah saat ini sangatlah mendesak. Mengingat dari data yang diperoleh, saat ini di Jakarta sendiri terdapat 364 gedung sekolah masuk dalam kategori rawan ambruk. Dengan rincian 293 gedung SD dan 53 gedung SMP.

“Masalah ini harus menjadi perhatian bersama. Jangan sampai anak-anak kita harus mempertaruhkan nyawa untuk dapat memperoleh ilmu. Dan saya berharap upaya kami ini mendapat dukungan seluruh pihak,” ujar Fauzi, di Balaikota, Selasa (12/7).

Seperti diketahui, anggaran rehabilitasi sekolah dalam penetapan APBD 2011 tidak memadai. Kondisi ini sempat dikeluhkan Fauzi. Pasalnya ada lebih dari Rp80 miliar anggaran yang keperluannya tidak pernah diusulkan oleh Dinas Pendidikan DKI Jakarta. Kenyataan ada di dalam alokasi anggaran. Padahal hal tersebut dinilai tidak bersifat mendesak. Salah satunya pengadaan buku ensiklopedia sebesar Rp5,1 miliar dan pengadaan papan tulis interaktif sebesar Rp6 miliar.

DIKAWAL MASYARAKAT

Secara terpisah Kordinator Presidium Himpunan Masyarakat Untuk kemanusiaan dan Keadilan (Humanika), Syaiful Jihad, berharap adanya transparansi dalam proses pembahasan anggaran perubahan. Sehingga masyarakat dapat ikut mengawal proses pembahasan anggaran terutama yang bersifat mendesak untuk kepentingan masyarakat. Salah satunya terkait rehabilitasi sekolah.

“Jangan kejadian penetapan anggaran terulang lagi dalam APBD Perubahan ini. Dimana anggaran rehabilitasi sekolah kembali dipangkas. Namun disisi lainnya pengadaan barang yang tidak bersifat mendesak disetujui dewan,” tegasnya.[]

http://www.poskota.co.id/berita-terkini/2011/07/13/dki-prioritaskan-perbaikan-gedung-sekolah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar